RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah
|
:
|
MTS
Futuhiyyah-2
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Sejarah
Kebudayaan Islam
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VII / 1I
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Memahami sejarah Nabi
Muhammad saw. periode Mekkah
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan
misi Nabi Muhammad saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
|
Indikator
|
:
|
1. Menjelaskan misi Nabi
Muhammad saw. sebagai pembawa kedamaian.
2. Menjelaskan misi Nabi
Muhammad saw. sebagai pembawa kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
3. Menyebutkan cara dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekkah.
4. Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekkah.
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
1 X 15
menit ( 1 pertemuan)
|
I. Tujuan Pembelajaran: dengan terlibat dalam ceramah plus, bernyanyi
dan everyone is a teacher here, peserta didik dapat menjelaskan misi Nabi
Muhammad saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat, menyebutkan cara dakwah, dan mengidentifikasi keberhasilan dakwah
Nabi di Mekkah dengan tepat dan benar.
|
II. Karakter Peserta didik yang diharapkan : bekerja sama (cooperation),
rasa hormat dan perhatian (respect), Berani (bravery), Tanggung jawab (responsibility)
|
III. Materi Pembelajaran :
|
IV. Metode Pembelajaran :
|
V. Langkah-langkah
Pembelajaran:
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
Kegiatan Awal
|
|||
1
|
Menyampaikan tujuan,
apersepsi dan motivasi.
|
k
|
1 menit
|
Kegiatan Inti
|
|||
2
|
Eksplorasi :
Guru menjelaskan tarikh kepada siswa melalui sebuah
bagan tentang misi dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekkah dan menyuruh peserta
didik untuk menyimaknya.
Guru menyanyikan sebuah lagu “sepohon kayu” karya dari
Snada, dengan menggunakan
syair yang sudah diganti sesuai KD yang sedang diajarkan. Isi syair fokus
pada misi dakwah Nabi Muhammad saw. peserta didik diminta untuk memperhatikan
dan menyanyikan bersama-sama.
Kemudian guru
menunjuk satu siswa untuk membagikan selembar kertas kosong kepada
setiap peserta didik dan meminta mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan
tentang misi dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekkah.
Kemudian kertas digeser dengan temannya sebanyak
tiga kali. Setelah menerima kertas pertanyaan dari teman yang lain, siswa
diberi kesempatan untuk mencermati pertanyaan dan memikirkan jawabannya.
|
k/g
|
5 menit
|
3
|
Elaborasi :
Guru menfasilitasi kelas dengan cara mempersilahkan
salah satu siswa untuk memberikan respons (jawaban/penjelasan) atas
pertanyaan tersebut, kemudiaan meminta peserta didik yang lain untuk memberi
pendapat atau melengkapi jawabannya.
Guru melanjutkan dengan mempersilahkan siswa yang lain
untuk memberikan respons (jawaban/penjelasan) atas pertanyaan tersebut,
kemudiaan meminta peserta didik yang lain untuk memberi pendapat atau
melengkapi jawabannya.
Demikian guru meminta siswa satu persatu hingga semua
pertanyaan dibacakan dan dapat dijawab oleh siswa satu kelas secara
bergantian.
|
k/g
|
4 menit
|
4
|
Korfirmasi :
Guru bersama dengan seluruh anggota kelas merumuskan ‘apa misi Nabi Muhammad saw. sebagai pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat, menyebutkan cara dakwah,
dan mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi di Mekkah.
Guru memandu dan memotivasi kelas untuk membuat
ringkasan yang meliputi: misi Nabi
Muhammad saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat, menyebutkan cara dakwah, dan mengidentifikasi keberhasilan dakwah
Nabi di Mekkah.
Guru mengakhiri kelas dengan melontarkan
pertanyaan-pertanyaan: siapa yang mengencam dakwah nabi pada perkumpulan di
bukit sofa? Dimana kota mana nabi dan para pengikutnya di boikot? Apa isi
dari pemboikotan itu?
|
k/g
|
2 menit
|
Penutup
|
|||
5
|
Peserta didik dipandu
oleh guru menyimpulkan bahwa misi
Nabi Muhammad saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat adalah membawa kembali masyarakat kota Mekkah ke agama tauhid,
beriman hanya pada Allah, dan hari akhir, sehingga dapat menghapuskan adanya
kesenjangan sosial dan kesombongan antar suku. Cara dakwah Nabi di kota
Mekkah ada dua: secara bersembunyi-sembunyi, setelah turun wahyu surah
al-Hijr: 94, melakukan dakwah secara terang-terangan. Keberhasilan dakwah
Nabi di Mekkah karena perjuangan Nabi dalam menegakkan kebenaran serta
menyandarkan keberhasilan beliau kepada Allah swt. Dan dalam berjuang, Nabi
Muhammad memiliki sifat sidik (selalu benar), amanah (dapat dipercaya),
fatanah (cerdas), dan tablig (berani
menyampaikan).
|
K
|
2 menit
|
6
|
Evaluasi/tes akhir (
terlampir )
|
I
|
2 menit
|
Keterangan: i =
Individual; p = berpasangan; g = group;
k = klasikal.
VI. Sumber Pembelajaran :
|
VI. Penilaian:
-
Tes awal : ada
-
Tes Proses : ada
-
Tes Akhir : ada
-
Tes awal : lisan
-
Tes Proses : Pengamatan
-
Tes Akhir : Tertulis
-
- Tes awal
1. Jelaskan misi Nabi Muhammad saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan,
dan kemajuan masyarakat?
2. Sebutkan cara dakwah?
3. Jelaskan keberhasilan dakwah Nabi di Mekkah?
-
Tes proses:
-
Tes akhir:
1. Apa yang dimaksud as-sabiqunal-awwalun?
2. Sifat-sifat apa saja yang dimiliki Nabi Muhammad saw. dalam mendukung
keberhasilan dakwah?
-
Tugas Rumah:
Sebelum diangkat menjadi Nabi dan Rasul, Muhammad saw. adalah orang
yang dipercaya dan dicintai oleh penduduk Mekkah. Akan tetapi, setelah
diangkat manjadi Nabi dan rasul, penduduk Mekkah berbalik membencinya.
Kenapa?
|
Semarang, Agustus
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
H. Nur Salim, M.Pd., M.M. Dra. H. Nafi’atur
Rohmaniyah, M.S.I.
Mainkan semua jenis permainan dalam 1 User ID dan dapatkan bonus welcome 50% serta bonus deposite 10% tanpa syarat dan Rollingan 1% setiap minggu nya :)
ReplyDeleteARTIKEL SLOT
ARTIKEL POKER
ARTIKEL CASINO
DAFTAR SLOT
DAFTAR POKER
SLOT VAVA
AGEN PLAYTECH
AGEN SLOT GAME
AGEN JOKER123
MABAR99
AGEN POKER ONLINE
BANDAR CEME
AGEN OMAHA
SLOTACE333
AGEN CASINO ONLINE TERBAIK
LIVE CASINO
BANDAR CASINO
CASINO ONLINE
ROULETTE