I.
PENDAHULUAN
Perencanaan adalah menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan
untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Perencanaan tersebut dapat disusun
berdasarkan kebutuhan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keinginan
pembuat perencanaan. Namun yang lebih utama adalah perencanaan yang dibuat
harus dapat dilaksanakan dengan mudah dan tepat sasaran.
Aktifitas pembelajaran agama islam sebagai salah satu mata
pelajaran di sekolah atau madrasah yang syarat dengan muatan nilai kehidupan
islami, perlu diupayakan melalui perencanaan pembelajaran yang baik, agar dapat
mempengaruhi pilihan, putusan dan pengembangan kehidupan murid. Oleh karena itu
salah satu kemampuan yang harus dimiliki
oleh Pendidik atau Guru adalah membuat
perencanaan pembelajaran secara profesional dalam melaksanakan tugas dan
tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik, pembelajar, sekaligus sebagai
perancang pembelajaran. Maka dari itu dalam makalah ini akan dibahas mengenai
perencanaan pengembangan perangkat pembelajaran PAI.
II.
RUMUSAN MASALAH
A.
Apa Pengertian Perangkat Pembelajaran PAI?
B.
Apa Saja Jenis-Jenis Perangkat Pembelajaran PAI?
III.
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Perangkat Pembelajaran PAI
Perangkat adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman
yang akan digunakan dalam proses pencapaian kegiatan yang diinginkan. Dan pembelajaran
adalah proses kerjasama antara Guru dan Siswa dalam memanfaatkan segala potensi
dan sumber yang ada baik potensi yang bersumber dari dalam diri sisiwa itu
sendiri seperti minat, bakat dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya
belajar maupun potensi yang ada di luar diri siswa seperti lingkungan, sarana
dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar tententu.[1]
Jadi perangkat pembelajaran adalah serangkaian media/ sarana yang
digunakan dan dipersiapkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di
kelas, berikut dalam tulisan ini kami membatasi perangkat pembelajaran hanya
pada: Program Tahunan, Program Semester, Rencana pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), dan Silabus.
Sedangkan pengertian dari pendidikan agama islam (PAI) adalah upaya
sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami,
manghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam, dibarengi dengan tuntunan
untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar
umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.
Dalam pengertian lain pendidikan agama Islam (PAI) adalah suatu
usaha untuk membela dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami
ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan, yang pada akhirnya
dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup.
Jadi dapat disimpulkan bahwasanya Pendidikan Agama Islam (PAI)
merupakan usaha sadar yang dilakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta
didik untuk meyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan
bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang telah ditentukan untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.[2]
B.
Jenis-Jenis Perangkat Pembelajaran PAI
Diantara jenis-jenis perangkat pembelajaran yang harus diperhatikan
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah:
1.
Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok
mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi
dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan
penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian.
Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan
pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat
komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi
dasar.
Silabus juga dapat diartikan sebagai rancangan pembelajaran yang
berisi rencana bahan ajar mata pelajaran tertentu pada jenjang dan kelas
tertentu, sebagai hasil dari seleksi, pengelompokkan, pengurutan, dan penyajian
materi kurikulum, yang dipertimbangkan berdasarkan ciri dan kebutuhan daerah
setempat.
Pada umumnya silabus paling sedikit harus mencakup unsur-unsur:
a.
Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan,
b.
Sasaran-sasaran mata pelajaran,
c.
Keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata pelajaran
tersebut dengan baik,
d.
Urutan topik-topik yang diajarkan,
e.
Aktifitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan
pengajaran,
f.
Berbagai teknik evaluasi yang digunakan.[3]
Langkah- langkah pengembangan perangkat kurikulum dalam bentuk
silabus adalah sebagai berikut :
a.
Penentuan format dan sistematika Silabus
b.
Penentuan kemasan silabus
c.
Penentuan kemampuan dasar
d.
Penentuan materi pembelajaran dan uraianya
e.
Penentuan pengalaman belajar siswa
f.
Penentuan alokasi waktu
g.
Penentuan sumber acuan
h.
Pengembangan satuan pelajaran (SP).[4]
Dalam kaitannya dalam pembuatan silabus, ada beberapa prinsip yang
mendasari pengembangan silabus,
yaitu antara lain:
a.
Ilmiah
Keseluruhan
materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
b.
Relevan
Cakupan,
kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual
peserta didik
c.
Sistematis
Komponen-
komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
d.
Konsisten
Adanya
hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator,
materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian
e.
Memadai
Cakupan
indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem
penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
f.
Aktual dan konstektual
Cakupan
indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan sistem
penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam
kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi
g.
Fleksibel
Kesuluruhan
komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta
dinamika perubahan yang terjadi di
madrasah dan tuntutan masyarakat
h.
Menyeluruh
Komponen
silabus mencakup keseluruhan ranah kompotensi (Kognitif, Afektif dan
Psikomotor).[5]
2.
Program Tahunan
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun
ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang
telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi
dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.
Dalam program tahunan inilah disusun program perencanaan penetapan
alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai. Penyusunan
program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia
untuk setiap kompetensi dasar.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program
tahunan adalah:
a.
Lihat berapa jam alokasi waktu setiap mata pelajaran dalam seminggu
dalam struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah.
b.
Analisis berapa minggu efektif dalam setiap semester, seperti yang
telah kita tetapkan dalam gambaran alokasi efektif. Melalui analisis tersebut
kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanaan
proses pembelajaran.
Penentuan alokasi waktu didasarkan kepada jumlah jam pelajaran
sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus
dikuasai oleh siswa.
3.
Program Semester
Rencana program semester merupakan penjabaran dari program tahunan.
Program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk
mencapai kompetensi dasar, sedangkan program semester diarahkan untuk menjawab
minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu
dilakukan.[6]
4. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rancangan
pembelajaran mata pelajaran per unit yang akan ditetapkan guru dalam
pembelajaran di kelas. RPP pada hakekatnya merupakan perencanaan untuk
memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran.
Dengan demikian, RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. RPP perlu dikembangkan untuk
menkoordinasikan komponen pembelajaran, yakni: kompetensi dasar, materi
standar, indikator hasil belajar, dan penilaian.
Kompetensi dasar berfungsi mengembangkan potensi peserta didik,
materi standar berfungsi memberi makna terhadap kompetensi dasar, indikator
hasil belajar berfungsi menunjukan keberhasilan pembentukan kompetensi peserta
didik, sedangkan penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensi dan
menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belum
terbentuk atau belum tercapai.[7]
a.
Komponen-komponen RPP
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas
komponen-komponen yang satu sama lain saling berkaitan, dengan demikian maka
merencanakan pelaksanaaan pembelajaran adalah merencanakan setiap komponen yang
saling berkaitan. Dalam RPP minimal ada lima komponen pokok, yaitu komponen
tujuan pembelajaran, materi pelajaran, metode, media dan sumber pembelajaran
serta komponen evaluasi.
b.
Cara Menyusun RPP
Cara penyusunan RPP dalam garis besarnya dapat mengikuti langkah-
langkah sebagai berikut :
1)
Mengisi kolom identitas
2)
Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah
ditetapkan
3)
Menentukan SK dan KD, serta Indikator yang akan digunakan yang
terdapat pada Silabus yang telah disusun
4)
Merumuskan tujuan pembelajaran bedasarkan standar kompetensi dasar,
serta indikator yang telah ditentukan
5)
Mengidentifikasi materi standar berdasarkan materi pokok
pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi standar merupakan uraian dari
materi pokok
6)
Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
7)
Merumuskan langkah- langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan
awal, inti, dan akhir
8)
Menentukan sumber belajar yang digunakan
9)
Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan
teknik penskoran.[8]
c.
Langkah- langkah pengembangan RPP
Berikut adalah langkah- langkah pengembangan RPP :
1)
Mengidentifikasi dan mengelompokkan kompetensi yang ingin dicapai
setelah proses pembelajaran
2)
Mengembangkan materi standar
Materi standar merupakan isi kurikulum yang diberikan kepada
peserta didik dalam proses pembelajaran, dan pembentukan kompetensi
3)
Menentukan metode
Dalam setiap pembelajaran dan pembentujkan kompetensi, guru dapat
menggunakan berbagai variasi metode dan berbagai variasi media untuk mencapai
tujuan pembelajaran
4)
Mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah merencanakan
penilaian.
IV.
KESIMPULAN
Perangkat pembelajaran merupakan serangkaian media/ sarana yang
digunakan dan dipersiapkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di
kelas. Sedangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan usaha sadar yang
dilakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk meyakini,
memahami, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran
atau pelatihan yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
Ada beberapa jenis perangkat pembelajaran yang harus diperhatikan
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu meliputi:
A.
Program Tahunan
B.
Program Semester
C.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
D.
Silabus
DAFTAR PUSTAKA
Khaeruddin, dkk. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Jogjakarta: Nuansa Aksara. 2007
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya. 2011
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.
Jakarta: Kencana. 2010
Susilo,
Muhammad Joko , KTSP. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2008
[1] Wina sanjaya, Perencanaan
Dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: PT Fajar Interpratama, 2008), hlm,
26.
[2] Abdul Majid, dkk., Pendidikan Agama Islam Berbasisi Kompetensi, (Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2005), hlm. 130.
[5] Khaeruddin, Op.Cit,
hlm. 127.
[7] Khaeruddin dkk,
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jogjakarta: Nuansa Aksara, 2007),
cet. II, hlm. 145.
Mainkan semua jenis permainan dalam 1 User ID dan dapatkan bonus welcome 50% serta bonus deposite 10% tanpa syarat dan Rollingan 1% setiap minggu nya :)
ReplyDeleteARTIKEL SLOT
ARTIKEL POKER
ARTIKEL CASINO
DAFTAR SLOT
DAFTAR POKER
SLOT VAVA
AGEN PLAYTECH
AGEN SLOT GAME
AGEN JOKER123
MABAR99
AGEN POKER ONLINE
BANDAR CEME
AGEN OMAHA
SLOTACE333
AGEN CASINO ONLINE TERBAIK
LIVE CASINO
BANDAR CASINO
CASINO ONLINE
ROULETTE