resensi buku Studi Islam Kontemporer

STUDI ISLAM KONTEMPORER


Judul Buku                 : Studi Islam Kontemporer
Penulis                        : M. Rikza Chamami
Penerbit                    : Pustaka Rizki Putra
Tebal Halaman          : 244 Halaman
Studi Islam Kontemporer dewasa ini memang sangat dibutuhkan umat muslim maupun non muslim terlebih bagi pelajar yang ingin mengetahui perkembangan kajian ilmu pengetahuan agama Islam. Studi Islam diperlukan untuk menunjang pelajar mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan agama dan perkembangannya dimasa sekarang. Entah itu ilmu filsafat, hadits, tafsir, budaya, tradisi, sejarah, dan ilmu fiqih.
Seperti yang ditampilkan dalam buku ini, dimana menjelaskan tentang beberapa kajian agama yang di bahas melalui studi sejarah, fenomenologi, budaya, pendidikan dan korelasinya dengan pemikiran-pemikiran tokoh dunia. Seperti Karl Mark, Friedrick, Ignaz Goldziher, Husserl, dan tokoh-tokoh yang lain. Sehingga perlu difahami bahwa agama Islam tidak hanya diperuntukkan kaum muslim akan tetapi semua manusia yang ada di bumi ini. Seperti halnya yang dikatakan oleh H. A. R Gibb dalam bukunya Whither Islam, yang menyatakan: “Islam is inded much more than system of theology, it is a complete civilization”(Islam sesungguhnya lebih dari sekedar sebuah agama, ia adalah suatu peradaban yang sempurna).   
Dalam bab pertama, buku ini menceritakan pasang surut kebangkitan kebudayaan dan keilmuan: potret disintegrasi Abbasiyah. Bab ke dua, membahas mangenai kajian kritis dialektika fenomenologi dan Islam. Bab ke tiga, menjelaskan filsafat materialisme Karl Mark dan Friedrick Engels. Bab ke empat, skeptisisme otentitas Hadits: kritik orientalis Ignaz Goldziher. Bab ke lima, telaah sosio-kultural: Manhaj Ahlul Madinah. Bab ke enam, postmodernisme: realitas filsafat kontemporer. Bab ke tujuh, potret metode dan corak tafsir al-azhar. Bab ke delapan, diskursus metode hermeneutika Al-Qur’an. Bab ke sembilan, jawa dan tradisi Islam penafsiran historiografi jawa Mark R Woodward. Dan pada bab terakhir menerangkan tentang reinterpretasi profil peradaban Islam.    
Selain dapat menambah pengetahuan, kelebihan lain dari buku ini yaitu bahasa yang digunakan jelas dan mudah dipahami terlebih penjelasan yang terdapat pada footnote yang membantu memperjelas pemahaman pembaca. Selain itu, buku ini juga menampilkan banyak hasil pemikiran-pemikiran tokoh dunia yang kemudian dikorelasikan dalam studi Agama Islam.
Tetapi, buku ini akan lebih bagus lagi jika terdapat kata pengantar atau ulasan bahkan kritikan dari tokoh yang lebih faham dalam materi yang dibahas. Selain itu, perlu adanya penambahan penyampaian M. Rikza Chamami mengenai pengerucutan pembahasan dalam buku studi Islam kontemporer sehingga pembaca pun memahami isi buku ini secara global. Akan tetapi, terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada, buku ini tetap memiliki ketertarikkan tersendiri dan merupakan sumber informasi yang sangat lengkap dan akurat yang mungkin tidak dapat ditemukan pada buku-buku yang lain.  
 

1 comment: